Mandi Cahaya Matahari di Lombok dan Pulau Kenawa Sumbawa Part 1

Hallo2 sudah lama tidak bersua di blog ini ok kali ini saya mau live report perjalanan saya ke lombok dan pulau kenawa..

Di Mulai dari Stasiun Besar Gambir, kebetulan saya menggunakan kereta bangunkarta, sebenernya agak sial juga nih.. kenapa? Gw kena reschedule jadwal Kereta Api.. Seharusnya gw ini jadwal berangkat jam 19:15 malam dan ternyata mulai 1 april 2015 PT KAI merubah jadwal keberangkatan menjadi pukul 15:00, entah mimpi apa gw ini yang tadi nya ga perlu cuti jadi harus cuti…

Saat ini gw sedang didalam gerbong 7 tempat duduk 7b, tadinya sih berharap yang duduk disebelah gw yang muda2 gt biar enak diajak ngobrol, lebih syukur lagi kalau perempuan cantik ha..ha.. dan ternyata…. ZONK…. ternyata bapak2 yang sibuk main laptop…

Iseng deh motoin suasana kabin.. haa..ha.. macet banget nih masuk Cikini.. galau banget ini kereta.. sekian dulu live Report dari Kereta Bangunkarta yang galau nanti akan diupdate kembali (29-04-2015 / 15:23)

Foto Kabin KA Bangunkarta

Berhubung dan suatu hal gw skip penerbangan dari surabaya ke lombok…

Landing di bandara International Lombok Pukul 11:30 WITA,, Delay

Untuk Trip ke Pulau Kenawa ini di bagi 2 kloter, Mas Yulis dan Evan kloter satu dan Gue dan Bang Wilson Kloter 2, Kloter 1 ini langsung cus ke pulau kenawa dan gue nunggu bang wilson yang ikut flight dari Jakarta pakai Batik Air. Jam menunjukan pukul 13:20 tapi pengumuman pesawat batik air dari jakarta belom landing,, panik pun mulai melanda,, bisa sampe malam nih di pototano, buru-buru gue buka flightradar24 dan ternyata pesawatnya baru melintas diatas Bali tepatnya PadangBai, ok gw nanya-nanya dulu sama petugas tiket damri yang tujuan selong berangkatnya jam berapa.. well kata beliau berangkat ketika ada pesawat mendarat. masih tetap dengan was-was dengan kekacauan jadwal… akhirnya tepat pukul 14:00 WITA bang wilson muncul.. legaa….. langsung cus ke pangkalan damri diluar gedung bandara. lari-lari takut ketinggalan ternyata Damri tujuan Selong masih ada dengan keadaan kosong melompong belom ada penumpangnya. akhirnya bang wilson balik lagi ke indomaret dan ATM buat nguras isi ATM nya.. wkwkwkw..

Pukul 14:30 WITA bus Damri Tujuan Selong Berangkat dengan 5 penumpang… berhubung mau ke pelabuhan kayangan jadi kita berdua turun di Masbagik lalu melanjutkan naik carry ke arah labuhan. untuk ongkos damri BIL – Selong sebesar 30.000 (April 2015) dan kita berdua sudah mendapat arahan dari petugas damri mengenai ongkos carry dari Masbagik ke Labuhan sebesar 15.000. Sepanjang perjalanan menuju Masbagik turun hujan besar disertai petir… gue dan bang wilson mulai merapihkan tas dan melapisi dengan raincover, selagi merapihkan tas, tiba-tiba dapet sms dari mas yulis, katanya dia kena palak ojek preman di masbagik, begitu mau stop taksi, sang ojek menghampiri supir taksi dikasih 5.000 malah dilempar dan mintanya 20.000. Berhubung saya bareng bang wilson jadi tenang saja,  menjelang sampai perempatan Masbagik hujan berhenti dan jalanan kering..

Singkat cerita nunggu Elf yang akan mengantarkan ke Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, ga sampe 5 menit ternyata Elf datang langsung tanya ke pelabuhan kayangan,, sang supir pun mengiyakan.. langsung naik dari masbagik ke pelabuhan kayangan memakan waktu satu jam, ditengah jalan kami dipindahkan ke truk dengan alasan saya dan bang wilson akan menyebrang ke Sumbawa, berhubung tadi dibandara udah dikasih tahu ongkos elf dari masbagik ke pelabuhan kayangan itu 15.000 perorang maka saya bayar dengan uang 50.000 dan berharap mendapat kembalian, nah si supir ternyata ga mau kembaliin, langsung tagih kembalian dan ternyata cuma dikembaliin 10.000 yang seharusnya 20.000. dan tetep ngotot itu supir. karena ga mau ambil pusing akhirnya yaudahlah. langsung naik truk pasir selama dijalan pdkt sama supir berharap ga kena jebakan betmen lagi,, sejauh mata memandang jalan dan bang wilson asyik terus ngobrol sama supir truk, dalam hati wah ga bakal kena jebakan betmen.. 😀 . Sampai pelabuhan pun harus nunggu kapal ketiga biar bisa masuk lambung kapal… 1 jam 30 menit semuanya masih normal, sampai akhirnya si bapak supir yang punya label hello kitty berhati preman mulai beraksi meminta saya untuk berpisah dilambung kapal dalam artian lo nebengnya sampai sini aja, silahkan ambil tas lo, duh mimpi apa ini semalam kapal aja belom bersandar, dia langsung ngasih tas saya sama bang wilson, mana wilson hilang kemana, ok berhubung udah dikasih tebengan ga enak kalau ga ngasih akhirnya diputuskan ngasih 30.000 karena sikap yang kurang ramahnya dan sang supir pun menjadi sinis kepada saya dan mengatakan kurang nih 50.000 biasanya, saya pun ga mau kalah, langsung timpal pake jurus 1000 bayangan, “bapak saya tadi nunggu bapak sampai 3 kapal bersandar jadinya saya kemalaman dan ongkos menyebrang ke kenawa pada malam hari menjadi mahal”. akhir itu supir truk diem, ok agak sewot sih. Dengan memikul Tas carrier 65 Liter dibelakang dan carrier 30 liter punya bang wilson berharap bang wilson bisa nemuin saya, karena udah terhimpit oleh kendaraan dan tas saya yang segede kulkas, pasrah deh. ketika mau merapat akhirnya bang wilson muncul juga… yippiii… akhirnya… 🙂

Akhirnya keluar juga dari kapal, langsung jalan ke kantin untuk beli makan malam dan menunggu pak Kamiallah, beliau adalah keturunan suku Bajo dimana selain mengantar kan wisatawan dia juga melaut mencari ikan, pak Kamiallah itu sangat baik oarangnya, mengantarkan dan menjemput kami berempat ke pulau kenawa dengan biaya 200.000 padahal sebelumnya mereka sudah mengantar mas evan dan yulis, memang berhati hello kitty pak kamiallah. Sampai pulau kenawa jam 9 malam, wah bintang di pulau kenawa itu bagus banget, langsung bangun tenda. kebetulan malam itu di pulau kenawa tidak hanya kami ber empat melainkan ada kelompok lain yang berasal dari negara Tetangga Malaysia, dan sepanjang malam mereka konser lagu-lagu Indonesia,, wah pantes kalau lagi jalan di daerah bukit bintang kuala lumpur banyak banget akustik lagu-lagu yang berasal dari Indonesia. Pagi hari pukul 04:30 saya sudah bangun dan bersiap hunting bintang yang indah banget, sayangnya ga bawa tripod 🙁 . Ketika matahari mulai terbit, keindahan pulau kenawa mulai terpancar sangat indah warna gradasi emas yang memukau.

Berhubung tadi diskusi sama mas yulis untuk mengunjungi pulau paserang, akhirnya kita sepakat untuk nego dengan pak kamiallah, tapi pak kamiallah yang baik ini tidak menentukan tarifnya, berhubung beliau sangat baik, jadi langsung kami tembak 350 ribu (200 untuk ke pulau kenawa dan 150 untuk ke paserang), perjalanan ke pulau paserang dari kenawa memakan waktu 30 menit dengan arus laut yang sedikit agak kencang. pulau paserang bagus banget nih, tapi saya penasaran sama pulau di depannya katanya ada laguna ditengah pulau mirip dengan Tanam nasioanl pulau sempu.

Berhubung kita berempat akan kembali ke pulau lombok pada hari itu juga, dipelabuhan pototano kami menunggu bis damri tujuan mataram di kantin makan pelabuhan, begitu bus lewat langsung mengejarnya, apesnya kita kena calo, ongkos normalnya adalah 50.000 tapi begitu saya bayar 100.000 si calo langsung pergi menagih yang lain, karena pengalaman kemarin, akhirnya langsung tagih kembalian, kata calo ongkosnya 100.000, akhirnya langsung bales ongkos normalnya 50.000, mungkin karena sudah ketahuan bahwa ongkosnya adalah 50.000 akhirnya dia menanyakan sudah beli tiket kapal, karena belum, akhirnya dia mengembalikan 30.000 alasannya 20.000 buat beli tiket kapal, padahal saya lihatin sampai bus naik ke kapal orang tersebut tidak membayarkan untuk tiket kapal nya. Perjalanan kapal dari pelabuhan pototano ke kayangan memakan waktu hampir 4 jam karena kapal menunggu giliran untuk bersandar. tepat pukul 17:35 akhirnya bis Damri landing dengan selamat di pool bis Damri Mataram. berhubung sudah book penginapan di daerah senggigi, langsung cabut kesana menggunakan taksi.. sampai penginapan ada hal mengerikan.. mau tahu? Tunggu chapter selanjutnya.. 😀

Perjalanan Ke Pulau Kenawa (Pic by Evan)
Sunrise di Pulau Kenawa
Pantai Pulau Paserang

3 thoughts on “Mandi Cahaya Matahari di Lombok dan Pulau Kenawa Sumbawa Part 1

1. btw.. boleh mnt cp nya gak. rencana akhir desember sekalian taun baruan disana., berangkat tgl 28 des sd 2 jan baru balik.